Retorika Stand Up Comedy dan Public Speaking Komunitas Stand Up Indo Lampung

Authors

  • Ramadani Ilham Universitas Gunadarma
  • Nuriyati Samatan Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.24076/pikma.v4i1.583

Keywords:

retorika, stand up comedy, stand up indo

Abstract

Stand up comedy dikenal sebagai seni pertunjukan komedi yang prakteknya dilakukan oleh satu orang bermonolog dan disaksikan oleh audiens ramai. Stand up comedy umumnya dilakukan secara live (langsung) dan merupakan one man show. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperluas wawasan retorika dalam praktiknya ke dalam seni stand up comedy. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan 2 teori yaitu Teori Retorika Aristoteles dan Teori Public Speaking Stephen E. Lucas, dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa terdapat keterkaitan antara karakteristik kegiatan stand up comedy dengan kegiatan retorika khususnya komunikasi publik. Kemudian hasil dari wawancara dengan komika komunitas Stand Up Indo Lampung, ketiga informan menyepakati bahwa  pertunjukan stand up comedy dilakukan dengan menggunakan 5 kanon retorika Aristoteles yang di antaranya yaitu: penemuan, pengaturan, gaya, memori, dan penyampaian. Dari penelitian pada kemampuan public speaking ketiga informan diperoleh metode penyampaian pesan yang digunakan dalam kegiatan stand up comedy adalah speaking extemporaneously yang digabungkan dengan sedikit improvisasi dari berbicara spontan, dan komika melakukan pemanfaatan kepiawaian public speaking pada praktek stand up comedy dengan menampilkan manipulasi penggabungan aspek-aspek penting aset suara (the speakers voice), dan gerakan-gerakan tubuh (the speakers body).

References

Bakar, F.A. (2016). Implementasi Teknik Komunikasi Retorika Dalam Kegiatan Stand Up “OpenMic” Di Komunitas Stand Up Unitel. Universitas Telkom

Kurniati.I.A . (2019). Stand Up Comedy, Retorika Generasi Milenial. Ekspresi dan Persepsi, 1(2), 29-43

Littlejohn, Stephen W dan Karen A. Foss. (2011). Teori Komunikasi (Theories Of Human Communication) 9th Edition. Jakarta: Salemba Humanika.

Lucas, Stephen E. (2012). The Art Of Public Speaking 11th Edition. New York: McGraw-Hill.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.

Mulyana, Deddy. (2014). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, O. (2017). Gaya Komunikasi Comic Komunitas Stand Up Indo PKU Pekanbaru. JOM Fisip, 4(1), 1-15

Novita, I. (2019). Analisis Sarana Retorika Dalam Stand Up Comedy Raditya Dika. Bahastra, 3(2), 126-132

Nugroho, P. 2012. Potret Stand Up Comedy: Strategi Menjadi Comedian Handal. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Samatan, N. (2017). Riset Komunikasi II. Jakarta: Penerbit Gunadarma.

Sugiyono. (2012). Metode Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, H.G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

West, Richard. (2014). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi 3rd Edition. Jakarta: Salemba Humanika.

Downloads

Published

2021-09-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

Retorika Stand Up Comedy dan Public Speaking Komunitas Stand Up Indo Lampung. (2021). Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 4(1), 17-24. https://doi.org/10.24076/pikma.v4i1.583