Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepatu AZA 6 Edisi Hari Merdeka

Authors

  • Erisha Nurfatimah Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Windhi Tia Saputra Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ratu Nadya Wahyuningratna Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24076/PIKMA.2020v2i2.401

Keywords:

konsumer behaviour, purchasing decision making, sepatu, AZA 6 edition

Abstract

Fenomena merek sepatu Ardiles yang berkolaborasi dengan DBL Indonesia menghasilkan produk sepatu AZA 6 edisi Hari Merdeka yang diluncurkan tanggal 12 Agustus 2019 dan berhasil terjual habis hanya dalam empat hari setelah tanggal perilisannya menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Karena melihat pasar sepatu Indonesia di tahun 2018 khususnya sepatu olaraga, brand sepatu internasional masih unggul jauh Nike memimpin dengan 30%, sementara Ardiles berada di urutan kelima dengan 3,7%. Namun ditengah gempuran brand asing, Ardiles berhasil menarik banyak konsumen untuk melakukan pembelian produk baru mereka. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif penelitian ini akan melakukan analisis pada perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian Sepatu AZA 6 edisi Hari Merdeka. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara mendalam dengan informan yang berasal dari konsumen sepatu AZA 6 edisi Hari Merdeka langsung, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan dalam melakukan keputusan pembelian, perilaku konsumen dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat memberikan konsumen kepuasan, seperti keterbatasan produk yang menjadikannya eksklusif, keunikan konsep dan desain produk, kualitas produk, hingga harga yang ditawarkan.

References

Balawera, Asrianto. (2013). Green Marketing dan Corporate Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik. Jurnal EMBA, Volume 1, Nomor 4, hal. 2117-2129.

Firmansyah. (2010). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Deepublish.

Kanuk, S. &. (2007). Perilaku Konsumen Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia Analisis Perencanaan.

Kotler, A. (2001). Prinsip-prinsip pemasaran edisi kedua belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Moleong. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Pratnyawan, A. (19 Juni 2019). Pengguna Instagram dan Facebook Terbesar ke-4 di Dunia. Diakses pada 10 November 2019 dari http://suara.com/tekno/pengguna-instagram-dan-facebook-indonesia-terbesar-ke-4-di-dunia

PT.CCI. (2017). Industri dan Pemasaran Sepatu di Indonesia 2018. Diakses pada 12 September 2019, dari https://cci-indonesia.com/industri-dan-pemasaran-sepatu-di-indonesia-2018/

Downloads

Published

2020-11-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Sepatu AZA 6 Edisi Hari Merdeka. (2020). Jurnal PIKMA : Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema, 2(2), 120-129. https://doi.org/10.24076/PIKMA.2020v2i2.401